klik artikel untuk menambahkan aktivitas ke brand journey planner kamu
Semua Artikel > Apakah brand yang sudah punya dna/ karakter sendiri memerlukan trend?

Apakah brand yang sudah punya dna/ karakter sendiri memerlukan trend?

Apakah brand yang sudah punya dna/ karakter sendiri memerlukan trend?

Apakah brand yang sudah punya dna/ karakter sendiri memerlukan trend?

Branding | 08 April 2023

Brand dengan dna/ karakter yang kuat itu seperti apa sih?

Sebuah brand dikatakan memiliki karakter dan dna yang kuat apabila mencakup 4 hal :

  • Memiliki keunikan
  • Memiliki nilai yang otentik
  • Konsisten dan responsif
  • Memiliki strategi yang kuat

 

Mengapa trend penting untuk sebuah brand?

Trend memungkinkan bisnis menembus batas pasar yang telah disepakati.

Trend juga membawa ide dan peluang baru. Brand bisa mengkomunikasikan nilai-nilainya dengan cara beragam.

 

Menjaga brand tetap fresh

Konsistensi memang penting untuk sebuah brand, tetapi perubahan dan inovasi digital yang begitu cepat memaksa brand harus bisa beradaptasi.

Cara terbaiknya adalah dengan merangkul trend dan mengadaptasi ke dalam strategi brand. Dengan begitu brand akan tetap mudah diingat oleh audiens.

 

Trend menjadi yang bagian terdepan untuk menyampaikan brand value

Ketika brand belum bisa menyampaikan valuenya secara berkelanjutan, trend bisa menjadi peluang untuk memperkuat identitas brand di hadapan audiens.

 

Trend membantu memperkuat brand positioning

Trend terbentuk akibat kondisi market atau pasar yang dominan terjadi. Dengan demikian sebuah bisnis harus memiliki pemahaman yang kuat tentang arah dan masa depan sebuah brand. Brand harus bisa beradaptasi, dan trend bisa menjadi pijakan yang tepat.